Tehnik Membaca Cepat

Membaca merupakan salah satu aktivitas yang sangat menyenangkan. Bahkan tidak sedikit orang yang menjadikan kegiatan membaca ini sebagai suatu hobi. Kegiatan membaca memiliki arti yang sangat luas, Apakah Anda merupakan salah satu dari orang yang suka membaca? Jika Anda berkata iya, maka bagaimana gaya membaca yang Anda gunakan? Anda suka membaca di tempat sepi, keramaian, dengan suara keras, dengan suara berbisik atau gaya-gaya lainnya? Faktanya, setiap orang memiliki gaya membaca yang berbeda-beda. Nah, di luar gaya atau kebiasaan yang anda gunakan saat membaca maka kali ini saya akan membahas mengenai teknik membaca cepat.

Pengertian Teknik Membaca Cepat

Pada dasarnya membaca cepat merupakan bagian dari kegiatan membaca. Jadi membaca cepat adalah kemampuan seseorang dalam membaca dengan fokus pada tujuan membaca itu sendiri. Sedangkan kemampuan membaca cepat merupakan kemampuan seseorang dalam memilih isi bacaan yang sesuai atau relevan dengan kebutuhan pembaca tanpa harus membuang waktu. Selain itu membaca cepat juga bisa diartikan sebagai kegiatan merespon tulisan dengan pengertian yang tepat dan cepat.

Pada umumnya, tingkat kecepatan membaca pada setiap orang berbeda dan tidak mungkin sama. intinya kecepatan membaca cepat itu lebih fleksibel, karena pada bagian-bagian tertentu biasanya anda harus memperlambat proses membaca agar bisa disesuaikan dengan materi dan tujuan membaca itu sendiri. Lalu apa definisi dari teknik membaca cepat?

Teknik membaca cepat merupakan sebuah strategi atau cara yang bisa digunakan untuk membaca sebuah informasi dengan cepat tanpa meninggalkan esensi dan inti dari kegiatan membaca. Teknik membaca cepat ini akan membantu proses membaca cepat yang anda gunakan berjalan dengan lebih baik.

Petunjuk Membaca Cepat

Ada beberapa teknik membaca cepat yang bisa Anda gunakan dalam kehidupan sehari-hari. maka saya akan membahas tentang teknik membaca cepat. Namun sebelum itu, Anda bisa memperhatikan beberapa petunjuk membaca cepat berikut ini:
  • Konsentrasi
Pastikan Anda bisa berkonsentrasi penuh untuk membaca. Ini penting dilakukan karena gangguan yang muncul bisa saja merusak konsentrasi Anda membaca cepat.

  • Jangan Banyak Bergerak

Pada dasarnya, membaca yang baik dilakukan dengan duduk dan diam. Meski begitu banyak orang yang suka atau terbiasa membaca sambil berdiri atau berjalan. Jadi biasanya untuk bisa menerapkan membaca cepat, maka Anda sebaiknya duduk dan diam saja.

  • Gerakan Bola Mata

Untuk bisa membaca cepat, Anda harus memperkirakan pergerakan bola mata. Setidaknya anda harus menggerakkan bola mata 3-4 kali untuk setiap baris bacaan.

  • Melakukan Pengulangan Gerak Mata

Dalam membaca cepat, Anda seharusnya bisa meminimalkan pengulangan gerak mata. Usahakan untuk tidak mengulangi pergerakan atau dengan kata lain hindari untuk mengulang barisan yang sudah dibaca.

  • Fokus Pada Kata Kunci

Untuk bisa membaca cepat, Anda tidak harus membaca keseluruhan bacaan. Lebih dari itu, anda harus mampu menemukan kata kunci dan menekankan pemahaman aspek satuan dari pikiran, ide ataupun kata kunci saja. Hindari untuk fokus pada unsur-unsur penunjang dan fokus pada gagasan pokok saja.

  • Atur Tempo Membaca

Dalam membaca cepat, Anda bisa mengatur tempo kecepatan membaca anda secara bervariasi. Anda bisa menyesuaikan kecepatan membaca ini dengan tujuan, keperluan dan bahan bacaan itu sendiri.

AR Photo 1

Setelah membahas mengenai definisi hingga petunjuk dalam membaca cepat, maka kini saatnya Anda mengetahui tentang teknik yang akan digunakan dalam membaca cepat. Pada umumnya membaca dengan kecepatan tinggi yang bisa dicapai oleh seseorang berkisar antara 250-300 kata per menit dengan perkiraan tingkat pemahaman isi bacaan sekitar 60%-75%.

Nah, Anda yang mungkin berniat untuk mulai belajar membaca cepat atau Anda ingin meningkatkan kemampuan membaca cepat Anda maka berikut ini ada beberapa teknik membaca cepat yang bisa Anda gunakan:

Teknik Membaca Cepat – Scanning

Teknik membaca cepat yang satu ini dikenal dengan nama atau istilah lain yaitu membaca memiindai. Sebagai informasi saja, teknik scanning ini cukup populer digunakan oleh orang yang membaca cepat. Ini di karenakan teknik yang bisa digunakan untuk mencari informasi dengan lebih cepat. Saat Anda ingin membaca cepat dan sebelum masuk ke bacaan pastinya anda sudah mengetahui tentang kata kuncinya kan? Toh, ini akan membantu anda untuk tetap fokus dalam mencari jawaban.

Teknik yang satu ini akan membuat anda menggerakkan mata dengan cukup cepat di setiap lembar halaman bacaan. Ketika melakukan teknik ini, pastikan Anda melihat atau memperhatikan tata tulis dalam bacaan seperti penomoran, langkah-langkah, kata yang dicetak miring atau tebal, ukuran huruf dan lain sebagainya. Ini perlu Anda lakukan karena faktanya banyak dari penulis yang meletakkan ide pokoknya dengan cara tadi. Nah, untuk anda yang membaca cepat menggunakan buku standar, maka akan lebih baik jika Anda menggunakan indeks untuk menemukan kata kunci.

Teknik Membaca Cepat – Skimming

Teknik yang satu ini merupakan teknik membaca cepat untuk mengidentifikasi ide pokok atau gagasan sebuah bacaan. Atau dengan kata lain teknik membaca cepat skimming ini merupakan teknik untuk membaca sekilas untuk menentukan ide pokok bacaan dan mengambil intisari dari suatu bacaan. Dalam  menggunakan teknik ini, Anda tidak harus membaca keseluruhan bacaan seperti saat membaca dengan normal. Kecepatan membaca menggunakan teknik ini biasanya bisa 3-4 kali lebih cepat dari cara membaca normal.

Biasanya teknik membaca cepat skimming ini digunakan oleh orang yang memiliki begitu banyak daftar bacaan yang harus dibaca atau diselesaikan dalam waktu singkat. Lalu bagaimana cara melakukan teknik membaca cepat skimming?

Pertama, Anda harus melihat apakah bacaan tersebut sesuai dengan kebutuhan Anda. Ini bisa dilakukan degan melakukan previewing atau membaca cepat judul, sub judul, kalimat pertama dan kalimat terakhir. Previewing ini bertujuan untuk melihat adanya ide pokok atau gagasan yang biasanya ditempatkan di posisi atau area tadi. Selain di beberapa area tadi, Anda juga harus tahu tentang ide pokok atau gagasan suatu bacaan biasanya juga disajikan dalam fakta yang diberikan di tabel, grafik ataupun bagan. Jadi pastikan Anda juga melihat bagian-bagian ini.

Sebelumnya, Anda perlu tahu juga bahwa teknik membaca skimming ini dilakukan bukan untuk mendapatkan pemahaman secara menyeluruh. Sebaliknya, teknik membaca skimming ini digunakan untuk mencari informasi khusus.

Comments