Wisata Alam Kota Parepare

Kota Parepare adalah sebuah Kota yang terletak di provinsi Sulawesi Selatan, Indonesia. Kota ini memiliki luas wilayah 99,33 km² dan berpenduduk sebanyak ±140.000 jiwa. Dan merupakan salah satu kota lahir tokoh yang terkenal adalah B.J. Habibie, presiden ke-3 Indonesia. yang memiliki kontribusi banyak terhadap kemerdekaan RI pada tanggal 17 agustus 1945. Kota yang dijuluki Bandar Madani ini bukanlah tujuan wisata utama di Sulawesi Selatan, Parepare memiliki beragam destinasi unik yang menarik untuk dikunjungi.

Mulai dari wisata alam, cagar budaya, tempat bersejarah, kuliner khas, tempat romantis, area bermain anak hingga spot foto hits kekinian yang instagramable. Berikut beberapa tempat-tempat yang wajib kalian kunjungi ketika berada di kota Parepare :

1. Monumen Habibie & Ainun

Image
AR photo 1
Lokasi: Lapangan Andi Makkasau, Jl. Karaeng Burane, Mallusetasi, Ujung, Kota Pare-Pare, Sulawesi Selatan.


Monumen Cinta Sejati Habibie Ainun merupakan monumen yang terletak di kota Parepare, Sulawesi Selatan. Monumen Cinta Sejati ini, dibuat untuk mengenang cinta Presiden ketiga Republik Indonesia Bacharuddin Jusuf Habibie kepada istrinya Hasri Ainun Besari, dan untuk menginspirasi warga Parepare. Selain itu Monumen Cinta sejati Ainun Habibie, ini adalah kado Pernikahan untuk Habibie pada hari ulang tahun pernikahannya dengan Ibu Ainun. Peresmian Monumen Cinta Sejati Habibie-Ainun ini bertepatan dengan peringatan hari ulang tahun pernikahan Habibie dan Ainun yang ke-53

2. Gunung Nepo

Hasil gambar untuk gunung nepo parepare
AR Photo 2
Lokasi: Segi Tiga Emas (Barru, Sidrap & Pare-Pare), Via Bacukiki, Kota Pare-Pare, Sulawesi Selatan.

Bulu Nepo adalah sebuah gunung yang terletak di segi tiga emas Parepare, Sidrap dan Barru. Merupakan gunung tertinggi di wilayah tersebut. dari infomasih yang saya temukan tingginya cuma berkisar 1.000 Mdpl. Untuk mencapai puncak Nepo ada beberapa titik akses, salah satunya adalah Bacukiki, skitar 7 KM dari jantung kota Pare-Pare kampung halaman. Menurut info dari beberapa pendaki, perjalanan ditempuh skitar 6 jam dan Gunung ini banyak menyimpan kisah-kisah tentang sejarah perjuangan. 

3. Tonrangeng River Side

Hasil gambar untuk tonrangeng riverside parepare
AR photo 3
Lokasi: Lumpue, Bacukiki Bar., Kota Pare-Pare, Sulawesi Selatan

Tonrangeng River Side merupakan sebuah jalan yang dirancang berupa jembatan layang akses utama menuju Rumah Sakit Tipe B Plus Pendidikan Habibie-Ainun dan dihiasi dengan gemerlap cahaya lampu warna warni pada malam hari.

4. Kebun Raya Jompie

Hasil gambar untuk kebun raya jompie kota pare-pare sulawesi selatan
AR photo 4
Lokasi: Bukit Harapan, Soreang, Kota Pare-Pare, Sulawesi Selatan.

Kebun Raya Jompie Parepare merupakan salah satu tempat di Sulawesi Selatan yang bisa jadi rekomendasi tempat menghirup udara segar. Bukan tanpa sebab, salah satu kebun raya di Indonesia ini punya kawasan hutan kota yang luas.

Sementara dari pusat Kota Parepare menuju Kebun Raya Jompie di Kelurahan Bumi Harapan, Kecamatan Soreang, jarak tempuhya hanya 3,5 kilometer dan terbilang mudah, karena sangat dekat dengan akses jalan lintas daerah menuju Kabupaten Pinrang dan Sidrap.

5. Pantai Pasir Putih Tonrangeng

Hasil gambar untuk pantai pasir putih tonrangeng
AR Photo 5
Lokasi : Jl. Latassakka, Lumpue, Bacukiki Bar., Kota Pare-Pare, Sulawesi Selatan.


Pantai Pasir Putih Tonrangeng atau dikenal dengan singkatan Paputo, kini menjadi salah satu tempat wisata baru di Kelurahan Lumpu, Kecamatan Bacukiki Barat, Kota Parepare. Belakangan ini, Paputo memiliki banyak peminat. Baik di dalam, maupun wisatawan dari luar Kota Parepare.

Sesuai namanya daya tarik dari Paputo tentu saja dari pasir putihnya. Mengingat, jarang ada pantai berpasir putih di Parepare. tidak hanya itu, udara sejuk serta deburan ombak turut memanjakan para pengunjung sembari bersantai di gazebo.Lokasi.

7. Air Terjun Tompangnge

Hasil gambar untuk air terjun tompangnge
AR Photo 7
Lokasi : Tompangnge, Kec. Bacukiki, Kota Parepare, Sulawesi Selatan.

Air Terjun Tompangnge Kota Pare Pare terletak di provinsi Sulawesi Selatan, Indonesia. Tepatnya di Tompangnge, Kec. Bacukiki, Kota Parepare, Sulawesi Selatan. Jika anda ingin mendapatkan petunjuk arah ke tempat wisata tersebut,

8 Kawasan Hastom

Hasil gambar untuk kawasan hastom
AR Photo 8
Lokasi: Jln. Sultan Hasanuddin, Pasar Senggol, Kota Pare-Pare, Sulawesi Selatan.

Hastom merupakan kepanjangan dari Jalan Sultan Hasanuddin dan Jalan Baso Daeng Patompo, kedua jalan ini bersambung dan masyarakat lebih mengenalnya sebagai Hastomdan menjadi salah satu pusat perekonomian Parepare yang membentang dari persimpangan Masjid Raya hingga Hotel Siswa. 

Selain Pasar Senggol yang terkenal dengan barang-barang eks impornya (Cakar), di Hastom pengunjung dapat menikmati makanan kesukaan mereka. Di kasawan ini berjejer dua restoran seafood dan chinese food yang cukup dikenal. 

Comments