8 Tempat Wisata Terbaik Di Tolitoli

1. Pulau Kapas 


Salah satu tempat wisata yang pupoler saat ini bagi anak muda toli-toli, bisa kalian temui di Desa kapas, kecematan dakopamean, kabupaten toli-toli. Desa ini di namakan pulau kapas kerena posisi pulau tersebut berada di Desa kapas yang tempatnya tidak jauh dari pulau itu. Pulau ini memiliki panorama pantai pasir putih, jenis tumbuhan laut, serta ekosistem mangrove yang eksotis. Sangat cocok bagi kalian yang suka snorkling maupun menyelam.

2. Udang Merah

Lokasi objek wisata udang merah yang sangat unik dan langka di Tanjung Sanjangan, Desa Salumbia, Kecamatan Dondo, Kabupaten Tolitoli, Sulawesi Tengah menjadi daya tarik tersendiri sebagai potensi wisata bagi para wisatawan, baik lokal maupun mancanegara untuk datang ke tempat tersebut.Lokasinya berjarak 130 kilometer arah selatan dari ibukota Kabupaten Tolitoli dan dapat ditempuh melalui jalur darat selama dua jam menggunakan kendaraan roda empat maupun roda dua.Dari lokasi tempat tersebut, para pengunjung harus menggunakan perahu ketinting yang berkapasitas 10 orang dengan jarak tempuh selama 20 menit untuk bisa sampai ke lokasi tersebut.


Selain melihat udang merah, kawasan wisata ini juga dekat dengan berbagai pesona alam lainnya seperti goa-goa alam dan juga danau-danau kecil yang terbentuk secara alami.

3. Pulau Lutungan


Dengan naik perahu selama 25 menit dari Pelabuhan Tanjung Batu. Pulau ini terletak di arah barat Toli-Toli Sulawesi Tengah yang dikelilingi air dan pantai berpasir putih. Pulau ini dianggap keramat dan banyak dikunjungi masyarakat dengan tujuan mencari berkah. Caranya dengan menancapkan pelepah kelapa ke dalam tanah lalu mencabutnya. Bila pelepah menjadi pendek, berarti permintaan ditolak, sebaliknya bila menjadi panjang berarti permintaan diterima.

4. Sabang Tende

Rekomendasi wisata di Tolitoli adalah Pantai Sabang Tende. Seperti pantai-pantai indah lainnya di Indonesia, Sabang Tende terkenal karena pasir putihnya yang halus dan bersih. Rindangnya pepohonan membuat suasana sepoi-sepoi yang sangat menyegarkan.


Indah sekali bukan berbagai destinasi wisata yang ada di Tolitoli. Dengan semakin dikembangkannya industri pariwisata di Tolitoli, tentu keindahan alam bumi nusantara di Sulawesi ini wajib kalian kunjungi pada liburanmu selanjutnya.

5. Pantai Lalos


Pantai lalos merupakan salah satu tempat wisata pantai yang wajib kalian kunjungi ketika kalian berada di tolitoli, Selain karena lokasinya yang dekat dari pusat kota dan mudah dikunjungi, pasir pantai yang keemasan dan gugusan batu karang yang eksotis membuat panorama destinasi wisata Tolitoli ini dicari wisatawan. 

6. Tanjung Matop

Berada di Desa Pinjan, Pulau Matop, Tanjung Matop merupakan habitat alami bagi berbagai fauna endemik dan langka seperti burung Maleo, penyu sisik hijau, kera hantu, 

kepiting kenari, ikan napoleon, hingga burung enggang.


Selain itu, kawasan yang termasuk hutan lindung ini juga memiliki suasana asri dan indah sehingga mampu menjadi tempat refressing yang menyegarkan.

7. Air Terjun Malangga


Masih ada satu lagi destinasi wisata air terjun di Tolitoli yang bisa kalian kunjungi. Dibalik rerimbunan pepohonan dan juga segarnya air sunga, kalian bisa bermain air atau sekedar menikmati suara gemercik air dari tepian sungai.

8. Pulau Lingayan


Rekomendasi wisata di Tolitoli terakhir adalah Pulau Lingayan, kalian akan disambut dengan rerimbunan hutan bakau yang asri. Pulau yang hanya dihuni puluhan kepala keluarga ini juga memiliki pantai-pantai indah dan juga batu-batu karang yang ekstotis.

Comments